Sudah Tau Cara Olah Belimbing Wuluh untuk Diabetes? Begini yang Benar

Posted on

Banyak Khasiat selain bisa dijadikan penyedap masakan dan kombinasi rujak, belimbing wuluh juga seringkali dipakai sebagai obat tradisional.

Di bawah ini beberapa contoh langkah memakai belimbing wuluh untuk pengobatan.

  1. Belimbing Wuluh Mengobati Batuk

Belimbing wuluh bisa jadikan sebagai obat batuk. Ambil sisi bunga, daun dan buah belimbing wuluh beberapa satu genggam saja. Bersihkan bersih lantas rebus dengan 4 gelas air bersamaan gula batu sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 2 x sehari dengan cara teratur.

  1. Mengatasi Batuk Rejan

Untuk mengobati batuk rejan, pakai buah belimbing wuluh saja. Langkahnya ambil 10 buah buah belimbing wuluh lalu remas-remas dan campur dengan 2 sendok air garam. Saring airnya dan diminum 2 x sehari. Atau dapatlah buah belimbing manis ini untuk jadi manisan, lalu dikonsumsi.

  1. Obat Batuk untuk Anak

Manfaat belimbing wuluh sebagai obat batuk memang tidak butuh diragukan lagi. Nenek moyang kita sering memakainya sebagai obat batuk anak. Bahan yang diperlukan yaitu 1 genggam daun belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula seperlunya dan 1 gelas air. Setelah dicuci bersih semua bahan selama kurang lebih satu jam. Saring airnya dan minum 2 kali sehari ketika perut kosong.

  1. Mengobati Rematik

Daun dan buah belmbing wuluh bisa dipakai untuk obat rematik tradisional. Tentunya di gabung dengan beberapa bahan alami bermanfaat yang lain. Langkahnya, ambil 100gram daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 butir cengkeh dan 15 butir merica. Semua bahan digiling sampai halus lantas berikan cuka seperlunya, aduk rata hingga membuat adonan seperti bubur. Berikan adonan ini ke sisi tubuh yang sakit sebagai param.

Langkah yang ke-2 memakai buahnya. Sediakan 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil (Michelia champaca L.), 15 biji cengkeh dan 15 butir lada hitam. Semua bahan digiling sampai halus lalu campur dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Adonan itu dipakai untuk mengurut sisi tubuh yang sakit.

  1. Obat Sariawan Tradisional

Buah belimbing wuluh sayur ini bisa sering dipakai sebagai obat sariawan. Langkahnya, sediakan bahan-bahannya berupa 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala yang muda, 10 lembar daun seriawan, 3/4 sendok teh adas dan 3/4 jari pulosari. Semua bahan ditumbuk hingga halus dan campur dengan 3 sendok makan minyak kelapa. Saring airnya dan berikan di bagian mulut yang luka akibat sariawan.

  1. Obat Jerawat Tradisional

Selain bisa mengobati sariawan, belimbing wuluh asam ini juga dikenal sebagai obat jerawat yang ampuh. Langkahnya, sediakan 6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang. Giling sampai halus lalu campur dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Berikan ramuan tadi di wajah yang berjerawat. Lakuakn dengan cara teratur 2 sampai 3 kali sehari.

  1. Mengobati Panu

Walau tidak mem4tikan, panu yaitu penyakit yang memalukan. Karena kulit yang terserang panu akan belang putih seperti zebra. Namun anda tidak perlu cemas apabila di serang panu karena bisa diatasi dengan ramuan di bawah ini

Tumbuk sampai halus 10 buah belimbing wuluh dan kapur sirih sebesar biji asam jawa. Aduk sampai tercampur rata. Ramuan itu dipakai untuk menggosok-gosok sisi tubuh yang terserang panu. Lakukan dengan cara teratur 2 kali sehari dan lihat hasilnya.

  1. Mengobati Penyakit Gondongan

Untuk mengobati penyakit gondongan, yang dibutuhkan yaitu 10 ranting muda belimbing wuluh itu daunnya dan 4 butir bawang merah. Bersihkan bersih semua lalu ditumbuk hingga halus. Berikan ramuan tersebut di tempat yang sakit.

  1. Obat Sakit Gigi Tradisional

Untuk buat obat sakit gigi tradisional langkahnya sangat mudah. Ambil beberapa buah belimbing wuluh lalu bersihkan hingga bersih. Kunyah buah belimbing wuluh itu bersamaan dengan garam seperlunya. Lakukan berkali-kali hingga rasa sakit pada gigi hilang dengan sendirinya.

  1. Mengobati Darah Tinggi

Darah tinggi yaitu satu hal yang beresiko karena dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang lebih serius. Untuk turunkan tekanan darah tinggi, ambil 3 buah belimbing wuluh lalu dipotong jadi 3 sisi. Rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum setelah sarapan pagi.

  1. Mengobati Diabetes

Bersihkan bersih 6 buah belimbing wuluh lalu dihaluskan. Rebus dengan dengan satu gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah dingin, airnya diminum 2 x sehari. Lakuakn dengan cara teratur dan jauhi makanan serta minuman dengan kandungan gula tinggi.

Nah, itu dia sebagian manfaat serta manfaat belimbing wuluh sebagai obat tradisional. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, setidaknya memberi wawasan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *