Ini nih Trik Memeras Jeruk biar Airnya Banyak dan jadi Lebih Segar! Udah tau belum?

Posted on

Sudah tau belum trik biar jeruk yang kamu peras airnya banyak dan makin segar? konsumsi air jeruk atau jus jeruk sangat baik untuk kesehatan tubuh kita loh! vitamin C yang terkandung dalam jeruk bisa membantu kamu untuk menjaga daya tahan tubuh kamu terutama di musim seperti ini.

memeras jeruk buat dijadikan minuman bisa dibilang susah-susah gampang. Ada sejumlah cara khusus agar air perasannya maksimal dan enak.

Trik Memeras Jeruk agar Airnya Banyak

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pilih jeruk yang segar. Buah yang segar bisa kamu lihat dari ciri-cirinya, seperti berkulit halus, terasa berat, dan empuk.

  1. Pilih jeruk yang segar

Sebaiknya jangan pilih jeruk yang kulitnya berkerut. Sebab yang begitu biasanya cenderung tua dan mengandung sedikit air.

  1. Simpan di freezer
    Sebelum mengolah jeruk, sebaiknya cuci lalu keringkan. Setelah itu masukkan jeruk ke dalam plastik lalu simpan di freezer.

Suhu dingin membuat air dalam jeruk menjadi beku, sehingga lebih mudah diperas. Tapi jangan simpan terlalu lama di kulkas sebab kandungan air jeruk bisa hilang.

  1. Hangatkan jeruk
    Saat ingin memeras jeruk, keluarkan buah dari freezer dan rendam ke dalam air hangat sekitar 30 menit. Kamu juga bisa menghangatkannya dengan microwave selama 20-30 detik.

Jangan sampai memanaskannya terlalu lama. Segera matikan microwave jika sudah muncul uap air pada buah. Cara ini bisa membuat air jeruk lebih mudah mencair, sehingga mengeluarkan banyak air.

  1. Tekan jeruk
    Cara selanjutnya adalah tekan jeruk di permukaan yang rata. Pertama, gulingkan jeruk secara perlahan di atas meja atau talenan.

Sambil sesekali ditekan sampai jeruk terasa lebih empuk. Sehingga air jeruk pun jadi lebih mudah diperas.

  1. Potong dengan cara yang tepat
    Cara memotong jeruk juga menentukan kandungan air yang akan keluar. Jika ingin memotong jeruk peras, potong menjadi dua bagian seperti biasa.

Sedangkan, untuk jeruk lemon dan jeruk nipis, sebaiknya dipotong dengan arah vertikal. Dengan begitu, air jeruk bisa keluar lebih banyak.

  1. Peras jeruk
    Setelah jeruk dipotong, peras dengan tangan atau menggunakan alat pemeras jeruk. Kalau gak ada, kamu bisa menggunakan garpu dan sendok yang ditusukkan, lalu diputar sambil ditekan supaya airnya keluar.

Itulah beberapa tips memeras jeruk supaya hasil air yang didapatkan lebih maksimal. Cara ini juga bisa diterapkan pada jeruk lemon atau jeruk nipis. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *